Doa Lima Jari


Ada berbagai inspirasi yang bisa kita temukan dalam menambah metode berdoa kita. Karena berdoa tidak sebatas pada ritual dan formula saja, tapi dari hati yang diekspresikan dengan berbagai cara. Untuk itu ada salah satu metode dalam berdoa yang bisa menambah wawasan kita yaitu: “Doa Lima Jari”.
Doa Lima Jari merupakan metode Doa yang terinspirasi dari fungsi satu tangan kita yang terdiri dari lima jari. Ini merupakan salah satu metode yang baik saat kita mendoakan orang, ataupun diri sendiri. Metode ini juga menjawab pertanyaan orang bahwa : Bagaimana membawa doa yang baik? Atau, bagaimana berdoa dengan kreatif?
 Langkah-langkahnya sebagai berikut (Disadur dari SABDA):
1.     Ketika Anda melipat tangan, yang paling dekat dengan Anda adalah ibu jari. Jadi, mulailah dengan mendoakan orang-orang yang dekat dengan Anda orang-orang yang Anda kasihi (Filipi 1:3-5).
2.     Jari telunjuk biasanya untuk menunjuk. Maka, berdoalah bagi para pengajar guru Alkitab dan pengkhotbah, dan para pengajar anak-anak (1 Tesalonika 5:25). Di dalam prakteknya, saya sering menggunaka jari telunjuk untuk meminta petunjuk dari Tuhan bagi kehidupan saya.
3.     Jari selanjutnya adalah jari yang tertinggi. Jari ini mengingatkan Anda untuk berdoa bagi orang-orang yang memegang kekuasaan pemimpin negara dan pemimpin setempat, serta penyelia Anda di tempat kerja (1 Timotius 2:1-2).
4.     Jari keempat biasanya jari terlemah. Berdoalah bagi mereka yang sedang menghadapi masalah atau yang sedang menderita (Yakobus 5:13-16).
Ada beberapa modifikasi dalam memahami jari ini. Beberapa orang yang saya temui mengatakan bahwa mereka lebih senang jari yang keempat yang di sebut “jari manis” untuk mengingat kenangan mereka yang manis, begitu juga dengan pernikahan mereka dimana cincin dimasukan ke jari tersebut. Untuk itu, mereka selalu mendoakan agar kenangan manis itu tidak akan hilang dan akan selalu terjadi dalam kehidupan mereka.
5.     Lalu sampailah kita pada jari kelingking. Jari ini mengingatkan Anda akan betapa kecilnya Anda dibandingkan dengan kebenaran Allah. Maka, mintalah agar Dia menyediakan kebutuhan Anda (Filipi 4:6,19).
Demikian doa lima jari yang bisa saya posting kali ini. Semoga bermanfaat.

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih kepada sobat sekalian yang sudah masuk ke blog ini. Jangan lupa untuk komentar ya.

Postingan populer dari blog ini

Liturgi (Tata Ibadah) Natal Sekolah

Lonceng Natal - Puisi Natal Anak

Kumpulan Puisi Natal Untuk Anak-anak